Pengertian Pendidikan Agamna Islam

Sebelum kita membahas mengenai pengertian Pendidikan Agama Islam, ada baiknya kita kenali terlebih dahulu pengertian pendidikan secara umum.,sebagai titik tolak membahas pengertian Pendidikan Agama Islam.

Pendidikan sebagai suatu bahasan ilmiah sulit untuk didefinisikan. Bahkan konferensi internasional pertama tentang pendidikan Muslim ( 1977 ) , seperti yang dikemukakan oleh Muhammad al-Naquib al-Attas, ternyata belum berhasil menyusun suatu definisi pendidikan yang dapat disepakati oleh para ahli pendidikan secara bulat .

Menurut Drs. Abu Ahmadi dalam bukunya Sejarah Pendidikan, disebutkan bahwa ”Pendidikan adalah semua kegiatan orang dewasa yang mempunyai nilai paedagogis bagi anak.”.

Sedangkan menurut Drs. M. Ngalim Purwanto dalam bukunya Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, disebutkan bahwa” Pendidikan ialah segala usaha orang dewasa dalam pergaulan dengan anak-anak untuk memimpin perkembangan jasmani dan rohaninya ke arah kedewasaan.”

Dalam buku Pengantar Ilmu Pendidikan, disebutkan bahwa “Pendidikan ialah bantuan yang diberikan dengan sengaja kepada anak dalam pertumbuhan jasmani maupun rohaninya untuk mencapai tingkat dewasa.” Di sini yang menonjolkan adalah pemberian bantuan secara sengaja atau secara sadar kepada anak dengan tujuan agar anak tersebut dapat mencapai tingkat kedewasaannya.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 1 ayat 1 menyebutkan bahwa :

“Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara” .

Sedangkan definisi pendidikan agama Islam disebutkan dalam Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam SD dan MI adalah :

“Pendidikan agama Islam adalah upaya sadar dan terencana dalam menyiapkan peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati, mengimani, bertakwa, berakhlak mulia, mengamalkan ajaran agama Islam dari sumber utamanya kitab suci Al-Quran dan Hadits, melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, latihan,serta penggunaan pengalaman.”

Sedangkan menurut Ahmad Tafsir, Pendidikan Agama Islam adalah usaha sadar untuk mensyiapkan siswa agar memahami ajaran Islam (knowing ), terampil melakukan atau mempraktekkan ajaran Islam ( doing ), dan mengamalkan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari ( being ).

Pendidikan Agama Islam merupakan pendidikan yang didasarkan pada nilai-nilai Islam dan berisikan ajaran Islam.

Jika pendidikan itu ditinjau dari sudut hakekatnya, maka dapat dikatakan bahwa:

Hakekat pendidikan adalah usaha orang dewasa secara sadar untuk membimbing dan mengembangkan kepribadian serta kemampuan dasar anak didik baik dalam bentuk pendidikan formil dan nonformil.”

Dengan demikian dari keseluruhan pengertian Pendidikan di atas, dapat di simpulkan bahwa pendidikan pada hakekatnya adalah ikhtiar manusia untuk membimbing dan mengembangkan fitrah manusia supaya berkembang sampai pada taraf insan rabbani baik secara formasl maupun secara nons-formal, secara lansung maupun tidak lansung.

Sedangkan Agama Islam merupakan agama yang diturunkan oleh Allah SWT sebagai pedoman bagi umat manusia agar selamat menjalankan peran, fungsi dan tugasnya di atas permukaan bumi Allah ini. Agama Islam diturunkan melalui para Nabi Allah, dan disempurnakan melalui Nabi Muhammad SAW

Agama Islam termasuk agama samawi dan bukan merupakan ciptaan manusia, karena turunnya melalui wahyu Allah SWT, dan bukan ciptaan atau rekaan manusia belaka.

Jadi dapat kita simpulkan bahwa Pendidikan Agama Islam, adalah Suatu usaha secara sadar dalam mengembangkan fitrah manusia yang meliputi kemampuan dan kepribadian manusia untuk mencapai taraf insani rabbani sebagaimana tujuan penciptaan manusia sebagai khalifah dan hamba Allah di Muka bumi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penerapan Pemikiran Ki Hadjar Dewantara Di Kelas dan Sekolah Sebagai Pusat Pengembangan Karakter

Tipe-Tipe Pembelajaran Kooperatif dan Teknik Aplikasinya

Jawaban modul 2.1.a.3 Program Guru Penggerak