Penyakit

A. Pengertian

Penyakit merupakan keadaan tidak normal pada tubuh dan pemikiran manusia yang menyebabkan ketidakseimbangan, tidak berfungsinya bagian tubuh atau pikiran manusia sebagaimana mestinya yang pada akhirnya dapat menimbulkan perasaan tertekan pada penderita baik dapat dirasakan secara cepat, langsung maupun lama dirasakan atau tak langsung dengan kata lain penyakit dapat didefenisikan terjadinya penyimpangan fungsi, keadaan dari suatu sel, jaringan, organ maupun sistem organ yang terdapat dalam tubuh makhluk hidup dimana penyimpangan fungsi ini dapat menimbulkan kerusakan pada sel atau sel lainnya dari makhluk hidup itu sendiri. Dimana kerusakan ini ada yang ringan, cukup berat malah dapat menimbulkan kerusakan fatal dan kematian bagi makhluk hidup itu sendiri.

B. Penyakit Menular dan pencegahannya

Penyakit yang disebabkan oleh kuman yang menjangkiti tubuh manusia, dimana kuman tersebut dapat berupa virus, bakteri, amoeba ataupun jamur.

Penyakit menular yang juga dikenal sebagai penyakit infeksi dalam istilah medis adalah sebuah penyakit yang disebabkan oleh sebuah agen biologi (seperti virus, bakteria atau parasit), bukan disebabkan faktor fisik (seperti luka bakar dan trauma benturan) atau kimia (seperti keracunan) yang mana bisa ditularkan atau menular kepada orang lain melalui media tertentu seperti udara (TBC, Infulenza dll), tempat makan dan minum yang kurang bersih pencuciannya (Hepatitis, Typhoid/Types dll), Jarum suntik dan transfusi darah (HIV Aids, Hepatitis dll).

1. Cara penularan penyakit menular:

a. Melalui saluran pernafasan.

b. Melalui saluran pencernaan.

c. Melalui pertukaran cairan.

d. Melalui luka.

e. Persentuhan kulit atau melalui kulit.

2. Agen penularan penyakit menular:

a. Serangga, terutama nyamuk dan lalat.

b. Virus, seperti HIV, Polio, campak, Hepatitis dan rabies.

c. Ricketsia, benda-benda hidup yang amat halus berukuran antara virus dan bakteri. Penyakit yang ditimbulkannya natar lain: shoptyphus, scrubtyphus exanthematicus dll

d. Bakteri,seperti TBC, kolera, difteri dll.

e. Jamur, seperti Panu, kadas dll.

f. Protozoa, seperti penyakit tidur.

g. Cacing, seperti penyakit cacngan yang disebabkan oleh cacing pita, cacing kremi, cacing gelang dan cacing tambang.

3. Sumber penularan:

a. Penderita.

b. Pembawa kuman.

c. Binatang sakit.

d. Tumbuhan/ benda.

4. Berbagai penyakit menular di Indonesia.

a. Tuberkulosis (TB).

Menyebar melalui udara. Pada saat penderita batuk, bersin atau meludah. Dengan gejala: batuk berdahak, demam, berat badan turun drastis, nyeri dada, sesak nafas, berkeringat pada malam hari,

b. Hepatitis.

Penularan terjadi melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi. Sedangkan hepatitis B dan C, ditularkan melaui darah atau cairan tubuh yang terkontaminasi.

c. Malaria.

Disebakan oleh parasit plasmodium yang hidp dalam sel darah merah dan ditularkan melalui nyamuk anopheles. Dengan gejala meriang (panas dingin dan menggigil) serta demam berkepanjangan.

d. Cacar air.

Disebabkan oleh virus varicella zooster yang menyebabkan herpes. Ditularkan melaui cairan dari penderita.

e. Influenza.

Disebakan oleh virus influenza. Penularan dapat terjadi karena kontak lansung melalui bersin atau batuk ataupun secara tak langsung.

5. Pencegahan penyakit menular.

a. Jagalah kebersihan lingkungan dan tempat tinggal.

b. Jagalah kebersihan makanan dan minuman.

c. Jagalah kondisi/ kesehatan tubuh (biasakan hidup sehat)

d. Lakukan imunisasi secara tepat dan benar, terutama imunisasi terhadap penyakit menular yang disebabkan oleh virus.

e. Lakukan pengobatan secara utuh, menyeluruh, tepat dan disiplin.

f. Hindari kontak lansung dengan penderita berdasarkan faktor kemungkinan penularannya dan cara penularannya.

g. Lakukan kontrol diri dan disiplin dalam menjalankan hidup serta patuhi norma yang ada.

h. Lakukan lokalisasi dan sterilisasi terhadap kawasan yang terjangkit penyakit menular sesuai dengan prosedur yang berlaku.

i. dll

C. Penyakit tidak menular

penyakit yang tidak menular adalah penyakit yang diderita pasien yang pada umumnya disebakan bawaan/keturunan, kecacatan akibat kesalahan proses kelahiran, dampak dari berbagai penggunaan obat atau konsumsi makanan serta minuman termasuk merokok, kondisi stress yang mengakibatkan gangguan kejiwaan. Lebih lanjut akan kita bahas satu persatu berbagai macam penyakit baik itu yang menular ataupun penyakit tidak menular yang kerap diderita manusia, termasuk gejala dan proses penanganan atau pengobatannya baik dari obat-obatan medis (kimia) maupun obat-obatan tradisional.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penerapan Pemikiran Ki Hadjar Dewantara Di Kelas dan Sekolah Sebagai Pusat Pengembangan Karakter

Tipe-Tipe Pembelajaran Kooperatif dan Teknik Aplikasinya

Jawaban modul 2.1.a.3 Program Guru Penggerak