TUJUAN PENDIDIKAN PANCASILA

TUJUAN PENDIDIKAN PANCASILA

1. Tujuan Nasional.

Tujuan Nasional adalah segala sesuatu yang diharapkan tercapai oleh suatu bangsa. Proklamasi bukanlah tujuan akhir “ultimate goal” perjuanagan Bangsa Indonesia, namun merupakan suatu jembatan emas dalam pencapaian atau tujuan perjuangan nasionalnya.

Tujuan Nasional Negara Kesatuan Republik Indonesia terdapat dalam Pembukaan UUD 1945.

2. Tujuan Pendidikan Nasional.

Pendidikan Nasional berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.

Tujuan Pendidikan diartikan sebagai seperangkat tindkan intelektual, penuh tanggung jawab yang dimiliki seseorang sebagai syarat untuk dapat dianggap mampu melaksanakan tugas-tugas dalam bidang okupasi tertentu.

Menurut UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas, dinyatakan bahwa Tujuan Pendidikan Nasional adalah untuk mewujudkan “ Berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang: Beriman dan Bertaqwa kepada Tuhan YME; Berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan; menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.”

3. Tujuan Pendidikan Pancasila.

Dalam UU No. 2 Tahun 1989, tentang Sisdiknas jo SK Dirjen Dikti No. 467/DIKTI/Kep/1999 dijelaskan bahwa Tujuan Pendidikan Pancasila mengarahkan perilaku moral yang diharapkan terwujud dalam kehidupan sehari-hari, yaitu perilaku yang memancarkan iman dan taqwa terhadap Tuhan YME dalam masyarakat yang terdiri atas berbagai golongan agama, kebudayaan dan aneka ragam kepentingan, perilaku yang mendukung kerakyatan yang mengutamakan kepentingan bersama diatas kepentingan perorangan dan golongan sehingga perbedaan pemikiran, pendapat, ataupun kepentingan diatasi melalui musyawarah dan mufakat, serta perilaku mendukung upaya untuk mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh Rakyat Indonesia.

Kompetensi lulusan Pendidikan Pancasila adalah seperangkat tindakan intelektual, penuh tanggung jawab sebagai warga negara dalam memecahkan berbagai masalah dalam hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dalam menerapkan pemikiran yang berlandaskan nilai-nilai Pancasila. Sifat intelektual tersebut tercermin pada kemahiran, ketetapan dan keberhasilan bertindak, sedangkan sifat penuh tanggung jawab diperlihatkan sebagai kebenaran tindakan ditilik dari aspek iptek, etika ataupun kepatutan agama serta budaya.

Komentar

  1. Pendidikan pancasila ini sangat penting untu mengenalkan nilai luhur pancasila kepada generasi muda.

    BalasHapus
  2. Toko Mesin · Jual Mesin · Susu Listrik · Portal Belanja Mesin Makanan, Pertanian, Peternakan & UKM · CP 0852-576-888-55 / 0856-0828-5927

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penerapan Pemikiran Ki Hadjar Dewantara Di Kelas dan Sekolah Sebagai Pusat Pengembangan Karakter

Tipe-Tipe Pembelajaran Kooperatif dan Teknik Aplikasinya

Jawaban modul 2.1.a.3 Program Guru Penggerak