Hakikat Hasil Belajar
a.      Pengertian hasil belajar
Hasil belajar dapat diukur  melalui suatu pengukuran yang mencerminkan tingkat penguasaan terhadap bahan pembelajaran yang telah diberikan.
Menurut Hamalik (1992:2), “hasil belajar adalah tingkah laku yang timbul, misalnya dari yang tidak tahu menjadi tahu, timbulnya pertanyaan baru, perubahan dalam tahap kebiasaan keterampilan, kesanggupan menghargai, perkembangan sikap sosial, emosional dan pertumbuhan jasmani.”
Nana (2001:28) mengatakan “hasil belajar merupakan kemampuan yang dimiliki setelah seseorang memiliki pengalaman belajar.”
Soediro (dalam Wahyudin, 2008:25) mendefinisikan hasil belajar sebagai tingkat penguasaan suatu pengetahuan yang dicapai oleh siswa dalam mengikuti program belajar mengajar sesuai dengan tujuan pendidikan yang dimiliki seseorang”. pengertian diatas maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar merupakan suatu bentuk perubahan tingkah laku yangterjadi pada manusia dari yang tidak tahu menjadi tahu, dari yang tidak mengerti menjadi mengerti, yang mencakupperkembangan psikis dan fisik, yang mencakup ranah kognitif, afektif maupun psikomotor.
Menurut Dimyati (dalam Indramunawar, 2009:6) hasil belajar merupakan “hal yang dapat dipandang dari dua sisi yaitu sisi siswa dan dari sisi guru. Dari sisi siswa, hasil belajar merupakan tingkat perkembangan mental yang lebih baik bila dibandingkan pada saat sebelum belajar. Tingkat perkembangan mental tersebut terwujud pada jenis-jenis ranah kognitif, efektif, dan psikomotor. Sedangkan dari sisi guru, hasil belajar merupakan saat terselesaikannya bahan pelajaran”.
b.      Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar

Menurut Caroll (dalam Kosasih, 2007:8), bahwa hasil belajar siswa dipengaruhi oleh lima faktor yaitu (1) bakat belajar, (2) waktu yang tersedia untuk belajar, (3) kemampuan individu, (4) kualitas pengajaran, (5) lingkungan.
Clark (dalam Nana,2001:45) mengungkapkan bahwa hasil belajar siswa di sekolah 70% dipengaruhi oleh kemampuan siswa dan 30% dipengaruhi oleh lingkungan.
Sedangkan menurut Sardiman (2007:39), faktor-faktor yang mempengaruhi belajar adalah faktor intern (dari dalam) diri siswa dan faktor ekstern (dari luar) siswa.
Berdasarkan pendapat diatas maka dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa terdiri atas faktor internal (dalam diri siswa) yang meliputi faktor biologis dan psikologis dan faktor eksternal (luar diri siswa) yang meliputi faktor lingkungan baik lingkungan keluarga, lingkungan sekolah maupun masyarakat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penerapan Pemikiran Ki Hadjar Dewantara Di Kelas dan Sekolah Sebagai Pusat Pengembangan Karakter

Tipe-Tipe Pembelajaran Kooperatif dan Teknik Aplikasinya

Jawaban modul 2.1.a.3 Program Guru Penggerak