Hasil Belajar


Pengertian hasil belajar
Hasil belajar dapat diukur  melalui suatu pengukuran yang mencerminkan tingkat penguasaan terhadap bahan pembelajaran yang telah diberikan.

Anita (2006:19) menyatakan “hasil belajar berkenaan dengan apa-apa yang diperoleh peserta didik dari serangkaian kegiatan pembelajaran yang dilaluinya yang semua itu mengacu kepada tujuan pembelajaran yang dijabarkan dalam dimensi kognitif, afekif dan psikomotor”.

Oemar (2007:10) Menyatakan bahwa “hasil belajar adalah tingkah laku yang timbul, misalnya dari yang tidak tau menjadi tau, timbulnya pertanyaan baru, perubahan dalam tahap kebiasaan dan keterampilan, kesanggupan menghargai, perkembangan sikap sosial, emosional dan pertumbuhan jasmani”.

Berdasarkan pengertian di atas maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar merupakan suatu bentuk perubahan tingkah laku yang terjadi pada manusia dari yang tidak tahu menjadi tahu, dari yang tidak mengerti menjadi mengerti, yang mencakup perkembangan psikis atau pengetahuan yang meliputi pengetahuan tentang fakta, prosedur, konsip dan prinsip-prinsip/ aturan dan fisik atau keterampilan yang meliputi keterampilan dalam berfikir (kognitif), bertindak (motorik), bereaksi/ bersikap (afektif) ,dan berinteraksi.

Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar

Ada berbagai faktor yang mempengaruhi hasil belajar, seperti pengaruh dari dari dalam berupa kemampuan siswa, maupun dari luar atau lingkungan sebagai mana pendapat Clark (dalam Nana,2001:45) mengungkapkan bahwa “hasil belajar siswa di sekolah 70% dipengaruhi oleh kemampuan siswa dan 30% dipengaruhi oleh lingkungan.” Sedangkan menurut Sardiman (2007:39), “faktor yang mempengaruhi belajar, adalah faktor intern (dari dalam) diri siswa dan faktor ekstern (dari luar) siswa.” Berdasarkan pendapat di atas maka dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa terdiri atas faktor internal (dalam diri siswa) yang meliputi faktor biologis dan psikologis dan faktor eksternal (luar diri siswa) yang meliputi faktor lingkungan baik lingkungan keluarga, lingkungan sekolah maupun masyarakat serta ketersediaan waktu dan kualitas pembelajaran

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penerapan Pemikiran Ki Hadjar Dewantara Di Kelas dan Sekolah Sebagai Pusat Pengembangan Karakter

Tipe-Tipe Pembelajaran Kooperatif dan Teknik Aplikasinya

Jawaban modul 2.1.a.3 Program Guru Penggerak