Metode Demonstrasi



Pengertian metode pembelajaran
Metode pembelajaran adalah cara yang digunakan guru dalam mengadakan hubungan dengan siswa pada saat berlangsungnya pembelajaran IPA di SD. Menurut Ahmad (2007:49) “metode pembelajaran adalah cara-cara atau teknik penyajian bahan pelajaran yang akan digunakan oileh guru pada saat penyajian bahan pelajaran, baik secara indiVdual atau secara kelompok”.
Sedangkan Wina (2008:147) mengatakan metode pembelajaran adalah:
Cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang telah disusun dalam kegiatan nyata agar tujuan yang telah disusun dalam kegiatan tercapai secara optimal, keberhasilan implementasi strategi pembelajaran sangat tergantung pada cara guru menggunakan metode pembalajaran hanya mungkin dapat diimplementasikan melalui penggunaan metode pembelajaran.

Selanjutnya menurut Fathurrahman (dalamn Muhammad, 2013 :28) “metode secara harfiah berarti cara. Dalam pengertian umum  metode diartikan sebagai  suatu cara atau prosedur yang dipakai untuk mencapai tujuan tertentu”
Berdasarkan pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa metode adalah cara atau teknik penyajian dalam rangka mengimplementasikan rencana yang telah disusun dalam suatu kegiatan secara optimal agar tercapai tujuan yang telah ditentukan secara maksimal.
Pengertian metode demonstrasi
Metode demonstrasi merupakan suatu metode pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas. Menurut Ahmad (2007:57) “Metode demonstrasi adalah suatu metode mengajar yang memperlihatkan bagaimana suatu proses terjadi”, sedangkan menurut Roestiyah (2007:83)  mengatakan bahwa demonstrasi adalah “ Cara mengajar dimana seorang instruktur/ tim guru menunjukkan, memperlihatkan suatu proses misalnya merebus air sampai 1000C, sehingga seluruh siswa dalam kelas dapat melihat, mengamati; mendengar mungkin meraba-raba dan merasakan suatu proses yang ditunjukkan oleh guru tersebut”.
Sedangkan menurut Wina (2008:152), metode demonstrasi adalah “metode penyajian pelajaran dengan memperagakan dan mempertunjukkan kepada siswa tentang suatu proses, situasi dan benda tertentu, baik sebenarnya atau sekedar tiruan”.
Muhibin (2004:208) mengatakan bahwa metode demonstrasi adalah “metode mengajar IPA di SD dengan cara memperagakan barang, kejadian, aturan, urutan melakukan suatu kegiatan baik secara langsung maupun melalui penggunaan media pembelajaran yang relevan dengan pokok bahasan atau materi yang sedang disajikan”.

Jadi dari uraian di atas dapat disimpukan bahwa metode demonstrasi yaitu suatu metode mengajar yang menunjukkan, memperlihatkan, memperagakan suatu proses, situasi, aturan, urutan suatu kegiatan atau benda tertentu baik sebenarnya ataupun tiruan secara langsung ataupun tak langsung melalui penggunaan media yang relevan disesuaikan dengan materi yang disajikan, sehingga siswa dapat melihat, mengamati, mendengar, meraba, dan merasakannya

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penerapan Pemikiran Ki Hadjar Dewantara Di Kelas dan Sekolah Sebagai Pusat Pengembangan Karakter

Tipe-Tipe Pembelajaran Kooperatif dan Teknik Aplikasinya

Jawaban modul 2.1.a.3 Program Guru Penggerak