Hakikat Hasil Belajar
a.
Pengertian hasil belajar
Hasil
belajar dapat diukur melalui suatu
pengukuran yang mencerminkan tingkat penguasaan terhadap bahan pembelajaran
yang telah diberikan.
Menurut Hamalik (1992:2), “hasil belajar adalah tingkah laku yang timbul,
misalnya dari yang tidak tahu menjadi tahu, timbulnya pertanyaan baru,
perubahan dalam tahap kebiasaan keterampilan, kesanggupan menghargai,
perkembangan sikap sosial, emosional dan pertumbuhan jasmani.”
Nana
(2001:28) mengatakan “hasil belajar merupakan kemampuan yang dimiliki setelah
seseorang memiliki pengalaman belajar.”
Soediro (dalam Wahyudin, 2008:25) mendefinisikan hasil belajar sebagai
tingkat penguasaan suatu pengetahuan yang dicapai oleh siswa dalam mengikuti
program belajar mengajar sesuai dengan tujuan pendidikan yang dimiliki
seseorang”. pengertian diatas maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar
merupakan suatu bentuk perubahan tingkah laku yangterjadi pada manusia dari
yang tidak tahu menjadi tahu, dari yang tidak mengerti menjadi mengerti, yang
mencakupperkembangan psikis dan fisik, yang mencakup ranah kognitif, afektif
maupun psikomotor.
Menurut Dimyati (dalam Indramunawar, 2009:6) hasil
belajar merupakan “hal yang dapat dipandang dari dua sisi yaitu sisi siswa dan
dari sisi guru. Dari sisi siswa, hasil belajar merupakan tingkat perkembangan
mental yang lebih baik bila dibandingkan pada saat sebelum belajar. Tingkat
perkembangan mental tersebut terwujud pada jenis-jenis ranah kognitif, efektif,
dan psikomotor. Sedangkan dari sisi guru, hasil belajar merupakan saat
terselesaikannya bahan pelajaran”.
b.
Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar
Menurut
Caroll (dalam Kosasih, 2007:8), bahwa hasil belajar
siswa dipengaruhi oleh lima faktor yaitu (1) bakat belajar, (2) waktu yang
tersedia untuk belajar, (3) kemampuan individu, (4) kualitas pengajaran, (5)
lingkungan.
Clark (dalam Nana,2001:45) mengungkapkan bahwa hasil belajar siswa di
sekolah 70% dipengaruhi oleh kemampuan siswa dan 30% dipengaruhi oleh
lingkungan.
Sedangkan
menurut Sardiman (2007:39), faktor-faktor yang mempengaruhi belajar adalah
faktor intern (dari dalam) diri siswa dan faktor ekstern (dari luar) siswa.
Berdasarkan pendapat diatas maka dapat disimpulkan
bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa terdiri atas faktor
internal (dalam diri siswa) yang meliputi faktor biologis dan psikologis dan
faktor eksternal (luar diri siswa) yang meliputi faktor lingkungan baik
lingkungan keluarga, lingkungan sekolah maupun masyarakat.
Komentar
Posting Komentar