Hasil Belajar
Pengertian hasil belajar
Hasil belajar dapat diukur melalui suatu pengukuran yang mencerminkan tingkat penguasaan terhadap bahan pembelajaran yang telah diberikan.
Anita (2006:19) menyatakan “hasil belajar berkenaan dengan apa-apa yang diperoleh peserta didik dari serangkaian kegiatan pembelajaran yang dilaluinya yang semua itu mengacu kepada tujuan pembelajaran yang dijabarkan dalam dimensi kognitif, afekif dan psikomotor”.
Oemar (2007:10) Menyatakan bahwa “hasil belajar adalah tingkah laku yang timbul, misalnya dari yang tidak tau menjadi tau, timbulnya pertanyaan baru, perubahan dalam tahap kebiasaan dan keterampilan, kesanggupan menghargai, perkembangan sikap sosial, emosional dan pertumbuhan jasmani”.
|
Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar
Ada berbagai faktor yang mempengaruhi hasil belajar, seperti pengaruh dari dari dalam berupa kemampuan siswa, maupun dari luar atau lingkungan sebagai mana pendapat Clark (dalam Nana,2001:45) mengungkapkan bahwa “hasil belajar siswa di sekolah 70% dipengaruhi oleh kemampuan siswa dan 30% dipengaruhi oleh lingkungan.” Sedangkan menurut Sardiman (2007:39), “faktor yang mempengaruhi belajar, adalah faktor intern (dari dalam) diri siswa dan faktor ekstern (dari luar) siswa.” Berdasarkan pendapat di atas maka dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa terdiri atas faktor internal (dalam diri siswa) yang meliputi faktor biologis dan psikologis dan faktor eksternal (luar diri siswa) yang meliputi faktor lingkungan baik lingkungan keluarga, lingkungan sekolah maupun masyarakat serta ketersediaan waktu dan kualitas pembelajaran
Komentar
Posting Komentar