ATP Matematika Kelas 6 Kurikulum Merdeka

 

Alur Tujuan Pembelajaran Kelas VI

No.

Elemen

Capaian Pembelajaran

Tujuan Pembelajaran

Alokasi Waktu

P3

Materi Ajar

1

Bilangan

Peserta didik dapat menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 1.000.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan uang.  Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan cacah sampai 100.000. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan KPK dan FPB. Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan berbagai pecahan termasuk pecahan campuran, melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan, serta melakukan operasi perkalian dan pembagian pecahan dengan bilangan asli. Mereka dapat mengubah pecahan menjadi desimal, serta membandingkan dan mengurutkan bilangan desimal (satu angka di belakang koma)

6.1 Peserta didik dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan KPK

5

·          Beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan YME, dan berakhlak mulia

·          Bergotong royong

·          Bernalar kritis

·          Berkebhinekaan global

·          Mandiri

·          kreatif

KPK

6.2 Peserta didik dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan FPB.

5

FPB

6.3 Peserta didik dapat membandingkan berbagai pecahan termasuk pecahan campuran.

5

Pecahan

6.4 Peserta didik dapat mengurutkan berbagai pecahan termasuk pecahan campuran.

5

Pecahan

6.5 Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan pecahan

5

Pecahan

6.6 Peserta didik dapat melakukan operasi pengurangan pecahan

5

Pecahan

6.7 Peserta didik dapat melakukan operasi perkalian pecahan dengan bilangan asli.

5

Pecahan

6.8 Peserta didik dapat melakukan operasi pembagian pecahan dengan bilangan asli.

5

Pecahan

6.9 Peserta didik dapat memecahkan masalah yang berkaitan dengan perkalian pecahan

5

Pecahan

6.10 Peserta didik dapat memecahkan masalah yang berkaitan dengan pembagian pecahan

5

Pecahan

6.11 Peserta didik dapat mengubah pecahan menjadi desimal (satu angka di belakang koma)

5

Pecahan

 

6.12 Peserta didik dapat membandingkan bilangan desimal (satu angka di belakang koma)

6

Pecahan

 

6.13 Peserta didik dapat mengurutkan bilangan desimal (satu angka di belakang koma)

6

Pecahan

2.

Aljabar

Peserta didik dapat mengisi nilai yang belum diketahui dalam sebuah kalimat matematika yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian pada bilangan cacah sampai 1000 .Peserta didik dapat mengidentifikasi, meniru, dan mengembangkan pola bilangan membesar dan mengecil yang melibatkan perkalian dan pembagian. Mereka dapat bernalar secara proporsional untuk menyelesaikan masalah sehari-hari dengan rasio satuan. Mereka dapat menggunakan operasi perkalian dan pembagian dalam menyelesaikan masalah sehari-hari yang terkait dengan proporsi.

6.14 Peserta didik dapat mengidentifikasi, meniru, dan mengembangkan pola bilangan membesar yang melibatkan perkalian.

6

·          Beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan YME, dan berakhlak mulia

·          Bergotong royong

·          Bernalar kritis

·          Berkebhinekaan global

·          Mandiri

·          kreatif

Pola Bilangan

6.15 Peserta didik dapat mengidentifikasi, meniru, dan mengembangkan pola bilangan membesar yang melibatkan pembagian.

6

Pola Bilangan

6.16 Peserta didik dapat mengidentifikasi, meniru, dan mengembangkan pola bilangan mengecil yang melibatkan perkalian.

6

Pola Bilangan

6.17 Peserta didik dapat mengidentifikasi, meniru, dan mengembangkan pola bilangan mengecil yang melibatkan pembagian.

6

Pola Bilangan

6.18 Peserta didik dapat bernalar secara proporsional untuk menyelesaikan masalah sehari-hari dengan rasio satuan.

6

Rasio

5.18 Peserta didik dapat menggunakan operasi perkalian dalam menyelesaikan masalah sehari-hari yang terkait dengan proporsi.

7

·          Beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan YME, dan berakhlak mulia

·          Bergotong royong

·          Bernalar kritis

·          Berkebhinekaan global

·          Mandiri

Kreatif

Proporsi

 

 

 

 

3.

Pengukuran

Peserta didik dapat menentukan keliling dan luas berbagai bentuk bangun datar (segitiga, segiempat, dan segibanyak) serta gabungannya. Mereka dapat menghitung durasi waktu dan mengukur besar sudut.

6.19 Peserta didik dapat menghitung durasi waktu.

6

·          Beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan YME, dan berakhlak mulia

·          Bergotong royong

·          Bernalar kritis

·          Berkebhinekaan global

·          Mandiri

·          kreatif

 

6.20 Peserta didik dapat mengukur besar sudut

6

Sudut

4.

Geometri

Peserta didik dapat mengonstruksi dan mengurai bangun ruang (kubus, balok, dan gabungannya) dan mengenali visualisasi spasial (bagian depan, atas, dan samping). Mereka dapat  membandingkan karakteristik antar bangun datar dan antar bangun ruang. Mereka dapat menentukan lokasi pada peta yang menggunakan sistem berpetak.

6.21 Peserta didik dapat  membandingkan karakteristik antar bangun datar.

7

·          Beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan YME, dan berakhlak mulia

·          Bergotong royong

·          Bernalar kritis

·          Berkebhinekaan global

·          Mandiri

·          kreatif

Geometri

6.22 Peserta didik dapat  membandingkan karakteristik antar bangun ruang.

7

Geometri

6.23 Peserta didik dapat menentukan lokasi pada peta yang menggunakan sistem berpetak.

7

Peta

5.

Analisis Data dan Peluang

 

6. 24 Peserta didik dapat menyajikan data banyak benda dalam bentuk gambar, piktogram, diagram batang, dan tabel frekuensi untuk mendapatkan  informasi.

6

·          Beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan YME, dan berakhlak mulia

·          Bergotong royong

·          Bernalar kritis

·          Berkebhinekaan global

·          Mandiri

·          kreatif

Data dan Peluang

6.25 Peserta didik dapat menyajikan data hasil pengukuran dalam bentuk gambar, piktogram, diagram batang, dan tabel frekuensi untuk mendapatkan  informasi.

6

Data dan Peluang

6.26 Peserta didik dapat  menganalisis data banyak benda dalam bentuk gambar, piktogram, diagram batang, dan tabel frekuensi untuk mendapatkan  informasi.

6

Data dan Peluang

6.27 Peserta didik dapat  menganalisis data hasil pengukuran dalam bentuk gambar, piktogram, diagram batang, dan tabel frekuensi untuk mendapatkan  informasi.

6

Data dan Peluang

6.28 Peserta didik dapat  menentukan kejadian dengan kemungkinan yang lebih besar dalam suatu percobaan acak.

6

Data dan Peluang

 

 

 

 

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tipe-Tipe Pembelajaran Kooperatif dan Teknik Aplikasinya

Contoh Modul Ajar Matematika

Pendekatan Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning)