Contoh Tujuan Pembelajaran Matematika Kelas 6 Fase C Kurikulum Merdeka
Tujuan Pembelajaran Kelas VI
No. |
Elemen |
Capaian Pembelajaran |
Tujuan Pembelajaran |
1 |
Bilangan |
Peserta didik dapat menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan
(number sense) pada bilangan cacah sampai 1.000.000. Mereka dapat membaca, menulis,
menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, melakukan komposisi dan
dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan uang. Mereka dapat melakukan
operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan cacah sampai
100.000. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan KPK
dan FPB. Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan berbagai pecahan
termasuk pecahan campuran, melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan,
serta melakukan operasi perkalian dan pembagian pecahan dengan bilangan asli.
Mereka dapat mengubah pecahan menjadi desimal, serta membandingkan dan
mengurutkan bilangan desimal (satu angka di belakang koma) |
6.1 Peserta didik dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan KPK |
6.2 Peserta didik dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan FPB. |
|||
6.3 Peserta didik dapat membandingkan berbagai pecahan termasuk
pecahan campuran. |
|||
6.4 Peserta didik dapat mengurutkan berbagai pecahan termasuk
pecahan campuran. |
|||
6.5 Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan pecahan |
|||
6.6 Peserta didik dapat melakukan operasi pengurangan pecahan |
|||
6.7 Peserta didik dapat melakukan operasi perkalian pecahan
dengan bilangan asli. |
|||
6.8 Peserta didik dapat melakukan operasi pembagian pecahan
dengan bilangan asli. |
|||
6.9 Peserta didik dapat memecahkan masalah yang berkaitan dengan
perkalian pecahan |
|||
6.10 Peserta didik dapat memecahkan masalah yang berkaitan dengan
pembagian pecahan |
|||
6.11 Peserta didik dapat mengubah pecahan menjadi desimal (satu
angka di belakang koma) |
|||
|
6.12 Peserta didik dapat membandingkan bilangan desimal (satu
angka di belakang koma) |
||
|
6.13 Peserta didik dapat mengurutkan bilangan desimal (satu angka
di belakang koma) |
||
2. |
Aljabar |
Peserta didik dapat mengisi nilai yang belum diketahui dalam
sebuah kalimat matematika yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan,
perkalian, dan pembagian pada bilangan cacah sampai 1000 .Peserta didik dapat
mengidentifikasi, meniru, dan mengembangkan pola bilangan membesar dan
mengecil yang melibatkan perkalian dan pembagian. Mereka dapat bernalar
secara proporsional untuk menyelesaikan masalah sehari-hari dengan rasio
satuan. Mereka dapat menggunakan operasi perkalian dan pembagian dalam menyelesaikan
masalah sehari-hari yang terkait dengan proporsi. |
6.14 Peserta didik dapat mengidentifikasi, meniru, dan
mengembangkan pola bilangan membesar yang melibatkan perkalian. |
6.15 Peserta didik dapat mengidentifikasi, meniru, dan
mengembangkan pola bilangan membesar yang melibatkan pembagian. |
|||
6.16 Peserta didik dapat mengidentifikasi, meniru, dan
mengembangkan pola bilangan mengecil yang melibatkan perkalian. |
|||
6.17 Peserta didik dapat mengidentifikasi, meniru, dan
mengembangkan pola bilangan mengecil yang melibatkan pembagian. |
|||
6.18 Peserta didik dapat bernalar secara proporsional untuk
menyelesaikan masalah sehari-hari dengan rasio satuan. |
|||
5.18 Peserta didik dapat menggunakan operasi perkalian dalam
menyelesaikan masalah sehari-hari yang terkait dengan proporsi. |
|||
|
|
||
3. |
Pengukuran |
Peserta didik dapat menentukan keliling dan luas berbagai bentuk
bangun datar (segitiga, segiempat, dan segibanyak) serta gabungannya. Mereka dapat
menghitung durasi waktu dan mengukur besar sudut. |
6.19 Peserta didik dapat menghitung durasi waktu. |
6.20 Peserta didik dapat mengukur besar sudut |
|||
4. |
Geometri |
Peserta didik dapat mengonstruksi dan mengurai bangun ruang
(kubus, balok, dan gabungannya) dan mengenali visualisasi spasial (bagian depan,
atas, dan samping). Mereka dapat membandingkan
karakteristik antar bangun datar dan antar bangun ruang. Mereka dapat
menentukan lokasi pada peta yang menggunakan sistem berpetak. |
6.21 Peserta didik dapat
membandingkan karakteristik antar bangun datar. |
6.22 Peserta didik dapat
membandingkan karakteristik antar bangun ruang. |
|||
6.23 Peserta didik dapat menentukan lokasi pada peta yang
menggunakan sistem berpetak. |
|||
5. |
Analisis Data dan Peluang |
|
6. 24 Peserta didik dapat menyajikan data banyak benda dalam
bentuk gambar, piktogram, diagram batang, dan tabel frekuensi untuk
mendapatkan informasi. |
6.25 Peserta didik dapat menyajikan data hasil pengukuran dalam
bentuk gambar, piktogram, diagram batang, dan tabel frekuensi untuk
mendapatkan informasi. |
|||
6.26 Peserta didik dapat menganalisis data banyak benda dalam bentuk
gambar, piktogram, diagram batang, dan tabel frekuensi untuk mendapatkan informasi. |
|||
6.27 Peserta didik dapat menganalisis data hasil pengukuran dalam
bentuk gambar, piktogram, diagram batang, dan tabel frekuensi untuk
mendapatkan informasi. |
|||
6.28 Peserta didik dapat
menentukan kejadian dengan kemungkinan yang lebih besar dalam suatu
percobaan acak. |
|||
|
Komentar
Posting Komentar