Contoh Modul Ajar Matematika

 

MODUL AJAR

MATEMATIKA

 

A.     INFORMASI UMUM

1.      IDENTITAS SEKOLAH

Penyusun                     : Jumrida Husni, S.Pd

Sekolah                        : SD Negeri 18 Payakumbuh

Tahun Penyusunan   : 2024

Fase/Kelas                   : C/ VI (Enam)

Materi Pokok               : KPK (Kelipatan Persekutuan ter-Kecil)

Alokasi Waktu             : 5 JP (2 × pertemuan)

Hari/Tanggal                : ......../ ....................

 

2.      KOMPETENSI AWAL

Peserta didik telah menguasai tentang

a.       Bilangan Prima

b.      Kelipatan bilangan

c.       Faktor Bilangan

 

3.      PROFIL PELAJAR PANCASILA

Setelah melakukan pembelajaran diharapkan peserta didik mampu memiliki karakter pelajar Pancasila :

1)  Beriman bertaqwa kepada Tuhan YME dan berakhlah mulia

2)  Berkebhinekaan Global

3)  Mandiri

4)  Inovatif

5)  Kreatif.

 

4.      SARANA PRASARANA

v  Sumber Belajar     : Buku Matematika Materi KPK, video pembelajaran, web-site

v  Media Pembelajaran :

ü  Laptop atau gawai

ü  Proyektor

ü  Pengeras suara

ü  Bahan ajar

ü  LKPD

 

5.      TARGET PESERTA DIDIK

Semua peserta didik dalam satu kelas baik yang reguler, pencapaian tinggi maupun yang mengalami kesulitan belajar, ikut serta mempelajari materi ini. Peserta didik dengan kesulitan belajar diatasi dengan pendampingan secara khusus/perhatian yang lebih dari guru.

 

6.      MODEL PEMBELAJARAN

v  Moda pembelajaran         : Tatap Muka

v  Pendekatan                      : Saintifik

v  Model pembelajaran        : Problem Based Learning (PBL)

v  Metode Pembelajaran      : Ceramah interaktif, tanya jawab, diskusi kelompok, latihan terbimbing, dan penugasan

 

B.     KOMPONEN INTI

7.      TUJUAN PEMBELAJARAN

v  Peserta didik dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan KPK .

 

 

8.      PEMAHAMAN BERMAKNA

Pembelajaran ini diawali dengan kegiatan tanya jawab tentang pemahaman siswa terhadap perkalian, bilangan prima, dan faktor bilangan.

 

9.      PERTANYAAN PEMANTIK

v  Apakah yang dimaksud kelipatan bilangan?

v  Sebutkan kelipatan dari 6?

v  Menurutmu apa manfaat kita mempelajari kelipatan bilangan?

 

10.  KEGIATAN PEMBELAJARAN

a.      Pendahuluan

1)            Kegiatan diawali dengan mengucapkan salam dan berdoa sesuai agama dan kepercayaan masing- masing (penguatan elemen akhlak beragama).

2)            Guru dapat mengecek kesiapan peserta didik sebelum belajar dengan meminta peserta didik merapikan pakaian, tempat duduk, dan kemudian mengecek kehadiran peserta didik.

3)            Peserta didik melakukan literasi dengan membacakan cerita yang disediakan.

4)            Guru melakukan apersepsi dengan bertanya jawab tentang materi yang dipelajari sebelumnya yaitu; Kelipatan bilangan

5)            Guru menjelaskan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan.

 

b.      Kegiatan Inti

1)      Orientasi

a)      Guru menjelaskan tujuan pembelajaran

b)      Guru menyajikan masalah terkait dengan materi yang akan dipelajari

c)      Guru memberikan motivasi kepada peserta didik agar terlibat aktif dalam usaha memecahkan  masalah

 

2)      Organizing

a)      Guru membagikan bahan ajar, dan LKPD yang dibutuhkan Peserta didik

b)      Peserta didik diminta memperhatikan materi yang terdapat dalam bahan ajar dan LKPD

 

3)      Pembimbingan Penyelidikan

a)      Peserta didik diminta mempelajari materi pembelajaran yang diberikan

b)      Peserta didik diminta menemukan informasi dari materi yang disajikan,

c)      Peserta didik melakukan penyelidikan dengan memanfaatkan berbagai contoh soal yang terdapat dalam bahan ajar

d)      Peserta didik diminta memperhatikan penjelasan guru tentang materi tersebut, terutama yang sulit dipahami peserta didik

e)      Peserta didik menuliskan hasil kerjanya di LKPD yang tersedia

f)       Peserta didik diminta menuliskan kesimpulan materi pembelajaran yang alaminya dalam LKPD yang disediakan

 

4)      Pengembangan dan penyajian

a)      Peserta didik menyajikan hasil kerjanya ke depan kelas.

b)      Guru meminta peserta didik lainnya, memberikan pertanyaan dan tanggapan terhadap hasil kerja yang disajikan kelompok penyaji (Melakukan diskusi kelas)

 

5)      Evaluasi

a)      Mengevaluasi hasil belajar tentang materi yang telah dipelajari

b)      Mereview hasil evaluasi

 

 

c.       Penutup

1)      Dari hasil yang peserta didik tulis, peserta didik dan guru bersama-sama mengambil kesimpulan dari pembelajaran yang dipelajari.

2)      Peserta didik diminta untuk mengajukan pertanyaan terkait yang belum dipahami tentang materi yang telah dipelajari.

3)      Guru melakukan rencana tindak lanjut terkait dengan pembelajaran berupa PR.

4)      Peserta didik bersama guru menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa

 

11.  ASESSMENT PENILAIAN

Penilaian pembelajaran dilakukan secara terpadu, sistematis dan komprehensif yang meliputi aspek sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan dan keterampilan yang disesuaikan dengan kompetensi kewarganegaraan (civic knowledge, civic dispositions, dan civic skills) dan dikombinasi dengan indikator Profil Pelajar Pancasila. Pada kegiatan pembelajaran ini, prosedur penilaian dilaksanakan selama proses pembelajaran dan akhir pembelajaran. Penilaian dilaksanakan melalui pengamatan menggunakan catatan sikap atau lembar observasi, tertulis dan lisan untuk pengetahuan, unjuk kerja dan performance untuk keterampilan, serta proyek dan portofolio.

1.      Asesmen Diagnostik

·         Sebelum pembelajaran guru menyebarkan angket tentang faktor apa saja yang menghambat peserta didik dalam belajar dan faktor apa saja yang membuat peserta didik nyaman belajar. ( sudah dilakukan saat awal pembelajaran masuk sekolah)

2.      Asesmen Formatif

·         Pada awal pembelajaran peserta didik menjelaskan Kelipatan suatu bilangan

·         Peserta didik menyampaikan manfaat mempelajari kelipatan bilangan

·         Peserta didik menyampaikan pendapat untuk menanggapi pertanyaan panduan atau pertanyaan teman diskusi.

3.      Tertulis

Prosedur         : Akhir Pembelajaran

Jenis               : Tertulis

Bentuk           : Pilihan ganda

Instrumen         : Soal dan kunci jawaban

Pelaksanaan Asesmen

Sikap

! Melakukan observasi selama kegiatan berlangsung dan menuliskannya pada jurnal, baik sikap positif dan negatif.

! Melakukan penilaian antarteman.

! Mengamati refleksi peserta didik.

 

Pengetahuan

& Memberikan tugas tertulis, lisan, dan tes tertulis

 

Keterampilan

:  Presentasi

:  Proyek

:  Portofolio

 

Pengayaan dan Remedial

Pengayaan:

&   Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai capaian pembelajaran (CP).

&   Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.

&   Berdasarkan hasil analisis penilaian, peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pembelajaran pengayaan untuk perluasan atau pendalaman materi

 

Remedial

&  Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang capaian pembelajarannya (CP) belum tuntas.

&  Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum tuntas.

&  Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum tuntas dalam bentuk pembelajaran ulang, bimbingan perorangan, belajar kelompok, pemanfaatan tutor sebaya bagi peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar sesuai hasil analisis penilaian.

 

Kriteria Penilaian :

·         Penilaian proses: berupa catatan/deskripsi kerja saat diskusi kelompok.

·         Penilaian Akhir: Skor nilai 10-100 

 

Penilaian :

Rubrik Penilaian

Kriteria Penilaian

Sangat Baik

Baik

Cukup

Perlu

Perbaikan

Pemahaman

Menjawab pertanyaan dengan percaya diri, jelas,

Menjawab pertanyaan dengan percaya diri, jelas, dan sesekali melihat catatan.

Bisa menjawab pertanyaan  namun perlu diarahkan dan sesekali melihat catatan.

Kesulitan menjawab pertanyaan

Penyelesaian Masalah dan Kemandirian

Aktif mencari ide atau mencari solusi jika ada hambatan.

Bisa mencari solusi, namun dengan arahan sesekali.

Memerlukan bantuan setiap menemukan kesulitan.

Tidak punya inisiatif dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi.

 

 

Refleksi Guru:

 

No

Pertanyaan

Jawaban

1

Apa yang sudah berjalan baik di dalam kelas? Apa yang saya sukai dari kegiatan pembelajaran kali ini? Apa yang tidak saya sukai?

 

2

Pelajaran apa yang saya dapatkan selama pembelajaran?

 

3

Apa yang ingin saya ubah untuk meningkatkan/memperbaiki pelaksanaan/hasil pembelajaran?

 

4

Dengan pengetahuan yang saya dapat/miliki sekarang, apa yang akan saya lakukan jika harus mengajar kegiatan yang sama di kemudian hari?

 

5

Kapan atau pada bagian mana saya merasa kreatif ketika mengajar? Mengapa?

 

6

Pada langkah ke berapa peserta didik paling belajar banyak?

 

7

Pada momen apa  peserta didik menemui kesulitan saat mengerjakan tugas akhir mereka?

 

8

Bagaimana mereka mengatasi masalah tersebut dan apa peran saya pada saat itu?

 

 

 

Refleksi Peserta Didik:

Agar proses belajar selanjutnya lebih baik lagi, mari lakukan refleksi  diri dengan menjawab pertanyaan berikut.

1.      Apa yang sudah berjalan baik di dalam kelas? Apa yang saya sukai dari kegiatan pembelajaran kali ini? Apa yang tidak saya sukai?

2.      Pelajaran apa yang saya dapatkan selama pembelajaran?

3.      Apa yang ingin saya ubah untuk meningkatkan/memperbaiki pelaksanaan/hasil pembelajaran?

4.      Dengan pengetahuan yang saya dapat/miliki sekarang, apa yang akan saya lakukan jika harus mengajar kegiatan yang sama di kemudian hari?

5.      Kapan atau pada bagian mana saya merasa kreatif ketika mengajar? Mengapa?

6.      Pada langkah keberapa peserta didik paling belajar banyak?

7.      Pada momen apa peserta didik menemui kesulitan saat mengerjakan tugas akhir mereka?

8.      Bagaimana mereka mengatasi masalah tersebut dan apa peran saya pada saat itu?

(Guru dapat menambahkan pertanyaan refleksi sesuai kebutuhan).

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

                                                  

 

 

EVA NORITA, S.Pd.SD

NIP. 19690423 199005 2 001

 

Payakumbuh, Agustus 2024

Guru Kelas 6

 

 

 

JUMRIDA HUSNI, S.Pd

NIP. 19831209 200803 1 001

 

 

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tipe-Tipe Pembelajaran Kooperatif dan Teknik Aplikasinya

Pendekatan Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning)

Apa Yang Harus Anda Persiapkan untuk Dapat Memenuhi Seluruh Kebutuhan Pembelajaran Peserta Didik di Kelas Anda Tanpa Terkecuali?