Elemen dan Sub-Elemen TKA Tingkat SD
SUB KOMPETENSI TKA SD/MI
I.
WAJIB
A.
BAHASA INDONESIA
No. |
Kompetensi |
Sub-Kompetensi |
1. |
Pemahaman Tekstual |
Mengidentifikasi penggunaan kosakata
umum dan khusus dalam berbagai bidang |
|
|
Mengidentifikasi objek berdasarkan
kosakata yang digunakan dalam teks fiksi dan non-fiksi |
|
|
Menyusun kembali informasi dari teks
dalam bentuk bentuk ikhtisar/ bagan |
|
|
Mengidentifikasi informasi tersurat
dalam teks |
2. |
Pemahaman inferensial |
Menyimpulkan ide pokok, gagasan
pendukung, amanat, tokoh, peristiwa, dan/ atau nilai-nilai dalam teks |
|
|
Menyimpulkan perubahan sederhana pada
objek, karakter, dan/ atau latar dalam teks fiksi atau non-fiksi |
|
|
Menjelaskan makna ungkapan yang
digunakan dalam teks |
3. |
Evaluasi dan Apresiasi |
Menilai relevansi peristiwa dalam teks
dengan kehidupan sehari-hari berdasarkan pengalaman dan pengetahuan pribadi |
|
|
Menilai kesesuaian antar unsur dan/
atau antar infomasi dalam teks |
|
|
Menyimpulkan respon emosional terhadap
unsur teks fiksi |
B.
MATEMATIKA
No. |
Elemen/ Materi |
Sub-elemen/ Submateri |
Kompetensi |
Batasan/ Catatan |
1. |
Bilangan |
Bilangan Rasional |
Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk
menyelesaikan permasalahan terkait
cakupan sub-elemen berikut: o
Pecahan senilai menggunakan gambar dan simbol
matematika; o
Perbandingan dan pengurutan bilangan pecahan; o
Relasi berbagai bentuk pecahan (pecahan
sederhana, desimal, persen); o
Operasi pejumlahan, pengurangan, perkalian,
dan pembagian bilangan cacah; o
Operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan,
serta operasi perkalian dan pembagian pecahan dengan bilangan asli; o
Kelipatan, faktor, KPK, dan FPB bilangan asli |
|
2. |
Geometri dan pengukuran |
Objek geometri |
Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk
menyelesaikan permasalahan terkait cakupan sub-elemen berikut: o
Bentuk bangun datar; o
Konstruksi bangun ruang dan visualisasi
spasial (bagian depan, atas, dan samping). |
Bangun datar mencakup segitiga, segi empat, dan segi banyak. Bangun ruang mencakup kubus, balok, dan gabungannya |
|
|
Pengukuran |
Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk
menyelesaikan permasalahan terkait cakupan sub-elemen berikut: o
Panjang benda menggunakan satuan baku; o
Hubungan antar satuan baku panjang (mm, cm,
dm, m, dam, hm, km); o
Volume benda menggunakan satuan baku; o
Hubungan antar satuan baku volume (ml, cl, dl,
l, dal, hl, kl); o
Berat benda menggunakan satuan baku; o
Hubungan antar satuan baku berat (mg, cg, dg,
g, dag, hg, kg); o
Waktu; o
Hubungan antar satuan baku waktu (detik,
menit, jam, hari, pekan, bulan, tahun); o
Laju perubahan (kecepatan); o
Keliling dan luas bangun datar (segitiga,
segiempat, dan segi banyak); o
Volume bangun ruang (kubus, balok, dan
gabungannya); o
Besar sudut; o
Penaksiran ukuran. |
|
3. |
Data |
Penyajian dan penggunaan data |
Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk
menyelesaikan permasalahan terkait cakupan sub-elemen berikut: o
Penyajian data (gambar, piktogram, diagram
batang, dan tabel frekuensi); o
Pengambilan informasi dan penggunaan data. |
|
Komentar
Posting Komentar