Elemen dan Sub-Elemen TKA Tingkat SD

 

SUB KOMPETENSI TKA SD/MI

I.                    WAJIB

A.      BAHASA INDONESIA

No.

Kompetensi

Sub-Kompetensi

1.

Pemahaman Tekstual

Mengidentifikasi penggunaan kosakata umum dan khusus dalam berbagai bidang

 

 

Mengidentifikasi objek berdasarkan kosakata yang digunakan dalam teks fiksi dan non-fiksi

 

 

Menyusun kembali informasi dari teks dalam bentuk bentuk ikhtisar/ bagan

 

 

Mengidentifikasi informasi tersurat dalam teks

2.

Pemahaman inferensial

Menyimpulkan ide pokok, gagasan pendukung, amanat, tokoh, peristiwa, dan/ atau nilai-nilai dalam teks

 

 

Menyimpulkan perubahan sederhana pada objek, karakter, dan/ atau latar dalam teks fiksi atau non-fiksi

 

 

Menjelaskan makna ungkapan yang digunakan dalam teks

3.

Evaluasi dan Apresiasi

Menilai relevansi peristiwa dalam teks dengan kehidupan sehari-hari berdasarkan pengalaman dan pengetahuan pribadi

 

 

Menilai kesesuaian antar unsur dan/ atau antar infomasi dalam teks

 

 

Menyimpulkan respon emosional terhadap unsur teks fiksi

 

B.      MATEMATIKA

No.

Elemen/ Materi

Sub-elemen/ Submateri

Kompetensi

Batasan/ Catatan

1.

Bilangan

Bilangan Rasional

Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan  terkait cakupan sub-elemen berikut:

o   Pecahan senilai menggunakan gambar dan simbol matematika;

o   Perbandingan dan pengurutan bilangan pecahan;

o   Relasi berbagai bentuk pecahan (pecahan sederhana, desimal, persen);

o   Operasi pejumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan cacah;

o   Operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan, serta operasi perkalian dan pembagian pecahan dengan bilangan asli;

o   Kelipatan, faktor, KPK, dan FPB bilangan asli

 

2.

Geometri dan pengukuran

Objek geometri

Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait cakupan sub-elemen berikut:

o   Bentuk bangun datar;

o   Konstruksi bangun ruang dan visualisasi spasial (bagian depan, atas, dan samping).

Bangun datar mencakup segitiga, segi empat, dan segi banyak.

 

Bangun ruang mencakup kubus, balok, dan gabungannya

 

 

Pengukuran

Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait cakupan sub-elemen berikut:

o   Panjang benda menggunakan satuan baku;

o   Hubungan antar satuan baku panjang (mm, cm, dm, m, dam, hm, km);

o   Volume benda menggunakan satuan baku;

o   Hubungan antar satuan baku volume (ml, cl, dl, l, dal, hl, kl);

o   Berat benda menggunakan satuan baku;

o   Hubungan antar satuan baku berat (mg, cg, dg, g, dag, hg, kg);

o   Waktu;

o   Hubungan antar satuan baku waktu (detik, menit, jam, hari, pekan, bulan, tahun);

o   Laju perubahan (kecepatan);

o   Keliling dan luas bangun datar (segitiga, segiempat, dan segi banyak);

o   Volume bangun ruang (kubus, balok, dan gabungannya);

o   Besar sudut;

o   Penaksiran ukuran.

 

3.

Data

Penyajian dan penggunaan data

Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait cakupan sub-elemen berikut:

o   Penyajian data (gambar, piktogram, diagram batang, dan tabel frekuensi);

o   Pengambilan informasi dan penggunaan data.

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tipe-Tipe Pembelajaran Kooperatif dan Teknik Aplikasinya

Contoh Modul Ajar Matematika

Pendekatan Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning)