LEMBAR KERJA SISWA
LEMBAR KERJA SISWA
(Tulisan rintisan)
LKS (Lembar Kerja siswa) merupakan lembaran kerja yang berisikan serangkaian kegiatan yang harus dilakukan siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan pada mata pelajaran tersebut. Adapun tujuan pembuatan LKS antara lain:
1. memberikan pengetahuan dan sikap ,serta keterampilan yang perlu dimiliki siswa;
2. mengecek tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang telah disajikan;
3. mengembangkan dan menerapkan materi pelajaran yang sulit dipelajari.
Menurut Darmojo dan Kaligis (1991 : 32), persyaratan LKS yang baik meliputi tiga aspek, yaitu didaktik, konstruksi, dan teknik
a. Syarat-syarat didaktik
LKS sebagai salah satu bentuk sarana berlangsungnya proses belajar mengajar harus memenuhi persyaratan didaktik artinya harus mengikuti azas-azas pembelajaran yang efektif, yaitu:
1) memperhatikan adanya perbedaan individual, sehingga LKS yang baik itu adalah yang dapat digunakan oleh siswa yang lamban, sedang, maupun pandai
2) menekankan pada proses untuk menemukan konsep-konsep sehingga LKS berfungsi sebagai petunjuk jalan bagi siswa untuk mencari tahu
3) memiliki variasi stimulus melalui berbagai media dan kesempatan kepada siswa untuk menulis, menggambar, berdiskusi, menggunakan alat, dan sebagainya
4) dapat mengembangkan komunikasi sosial, moral dan estetika pada anak. Jadi tidak semata-mata ditunjukkan untuk mengenal fakta-fakta dan konsep akademis.
b. Syarat-syarat konstruksi
Yang dimaksud syarat konstruksi adalah syarat-syarat yang berhubungan dengan penggunaan bahasa, susunan kalimat, kosa kata, tingkat kesukaran, dan kejelasan yang pada hakekatnya harus tepat guna dalam arti dapat dimengerti oleh pihak pemakai atau siswa
1) menggunakan bahasa yang sesuai dengan tingkat kedewasaan siswa
2) menggunakan struktur kalimat yang jelas
3) memiliki tata urutan pelajaran yang sesuai dengan tingkat kemampuan anak
4) menghindari pertanyaan yang terlalu terbuka
5) tidak mengacu pada buku sumber di luar keterbacaan siswa
6) menyediakan ruangan yang cukup untuk memberi keleluasaan pada siswa untuk menulis maupun menggambar pada LKS
7) menggunakan kalimat sederhana dan pendek
8) menggunakan lebih banyak ilustrasi daripada kata-kata
9) memiliki tujuan belajar yang jelas dan manfaat dari pelajaran itu sebagai sumber motivasi.
c. Syarat-syarat teknik
1) tulisan dengan menggunakan huruf cetak, huruf tebal yang agak besar untuk topik, tidak menggunakan lebih dari sepuluh kata dalam tiap kalimat dan mengusahakan agar perbandingan besar huruf dengan gambar serasi
2) gambar dapat menyampaikan pesan secara efektif kepada siswa
3) ada kombinasi antar gambar dan tulisan
(Tulisan rintisan)
LKS (Lembar Kerja siswa) merupakan lembaran kerja yang berisikan serangkaian kegiatan yang harus dilakukan siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan pada mata pelajaran tersebut. Adapun tujuan pembuatan LKS antara lain:
1. memberikan pengetahuan dan sikap ,serta keterampilan yang perlu dimiliki siswa;
2. mengecek tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang telah disajikan;
3. mengembangkan dan menerapkan materi pelajaran yang sulit dipelajari.
Menurut Darmojo dan Kaligis (1991 : 32), persyaratan LKS yang baik meliputi tiga aspek, yaitu didaktik, konstruksi, dan teknik
a. Syarat-syarat didaktik
LKS sebagai salah satu bentuk sarana berlangsungnya proses belajar mengajar harus memenuhi persyaratan didaktik artinya harus mengikuti azas-azas pembelajaran yang efektif, yaitu:
1) memperhatikan adanya perbedaan individual, sehingga LKS yang baik itu adalah yang dapat digunakan oleh siswa yang lamban, sedang, maupun pandai
2) menekankan pada proses untuk menemukan konsep-konsep sehingga LKS berfungsi sebagai petunjuk jalan bagi siswa untuk mencari tahu
3) memiliki variasi stimulus melalui berbagai media dan kesempatan kepada siswa untuk menulis, menggambar, berdiskusi, menggunakan alat, dan sebagainya
4) dapat mengembangkan komunikasi sosial, moral dan estetika pada anak. Jadi tidak semata-mata ditunjukkan untuk mengenal fakta-fakta dan konsep akademis.
b. Syarat-syarat konstruksi
Yang dimaksud syarat konstruksi adalah syarat-syarat yang berhubungan dengan penggunaan bahasa, susunan kalimat, kosa kata, tingkat kesukaran, dan kejelasan yang pada hakekatnya harus tepat guna dalam arti dapat dimengerti oleh pihak pemakai atau siswa
1) menggunakan bahasa yang sesuai dengan tingkat kedewasaan siswa
2) menggunakan struktur kalimat yang jelas
3) memiliki tata urutan pelajaran yang sesuai dengan tingkat kemampuan anak
4) menghindari pertanyaan yang terlalu terbuka
5) tidak mengacu pada buku sumber di luar keterbacaan siswa
6) menyediakan ruangan yang cukup untuk memberi keleluasaan pada siswa untuk menulis maupun menggambar pada LKS
7) menggunakan kalimat sederhana dan pendek
8) menggunakan lebih banyak ilustrasi daripada kata-kata
9) memiliki tujuan belajar yang jelas dan manfaat dari pelajaran itu sebagai sumber motivasi.
c. Syarat-syarat teknik
1) tulisan dengan menggunakan huruf cetak, huruf tebal yang agak besar untuk topik, tidak menggunakan lebih dari sepuluh kata dalam tiap kalimat dan mengusahakan agar perbandingan besar huruf dengan gambar serasi
2) gambar dapat menyampaikan pesan secara efektif kepada siswa
3) ada kombinasi antar gambar dan tulisan
Komentar
Posting Komentar