|
PEMERINTAH KOTA PAYAKUMBUH
DINAS PENDIDIKAN
SDN 42 PAYAKUMBUH BODI AIR
TABIT
Jln. Kapt. Tantawi Kel.
Bodi Air Tabit
Kec. Payakumbuh Timur Kota Payakumbuh
Kode Pos 26235. Telp (0752)95115
|
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah
|
:
|
SDN 42 Payakumbuh
|
Kelas/
Semester
|
:
|
V (Lima)/ 1 Semester
|
Tema/ Sub-tema
|
:
|
Indonesiaku, Bangsa yang Cinta Damai
|
Pembelajaran ke-
|
:
|
4
(Empat)
|
Alokasi
|
:
|
1 X Pertemuan
|
|
|
|
A. Kompetensi Inti
KI 1
|
:
|
Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2
|
:
|
Menunjukan prilaku jujur
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berintegrasi
dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air
|
KI 3
|
:
|
Memahami pengetahuan
factual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan, dan kegiatannya dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
|
KI 4
|
:
|
Menyajikan pengetahuan
factual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dan kritis dalam
karya estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak bermain dan berakhlak mulia
|
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator
Bahasa Indonesia
1.1. Meresapi makna anugerah Tuhan Yang
Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai sarana yang lebih unggul
daripada bahasa lain untuk memperoleh ilmu pengetahuan
1.2. Meresapi anugerah Tuhan yang Maha Esa
atas keberadaan proses kehidupan bangsa dan lingkungan alam
2.1. Memiliki kepedulian dan tanggung jawab
terhadap makanan dan rantai makanan serta kesehatan melalui pemanfaatan
bahasa Indonesia
2.2. Memiliki perilaku jujur dan disiplin tentang
proses daur air rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh(manusia,
hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan melalui
pemanfaatan bahasa Indonesia
2.3. Memiliki perilaku santun dan jujur
serta bertanggung
jawab dan disiplin tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antar bangsa
melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
2.4. Memiliki kepedulian, tanggung
jawab,dan rasa cinta tanah air terhadap bencana
alam dan keseimbangan ekosistem serta kehidupan berbangsa dan
bernegara melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
2.5. Memiliki rasa percaya diri dancinta
tanah air tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam melalui pemanfaatan
bahasa Indonesia
|
||
3.3. Menguraikan isi teks paparan iklan
tentang ekspor impor sebagaikegiatan ekonomi antar bangsa dengan
bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
dengan memilih dan memilah kosakata baku
|
||
|
|
3.3.4.
Menunjukkan manfaat pertukaran
barang antara Indonesia dan luar negeri.
|
4.3. Menyajikan teks paparan iklan tentang
ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antar bangsa secara
mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih
dan memilah kosakata baku
|
||
|
|
4.3.4.
Mempresentasikan contoh iklan
barang ekspor
|
Ilmu Pengetahuan Sosial
1.1. Menerima karunia Tuhan YME yang telah
menciptakan waktu dengan segala perubahannya
1.2. Menjalankan ajaran agama dalam berfikir
dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan
kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam
masyarakat
1.3. Menghargai karunia Tuhan YME yang telah
menciptakan manusia dan lingkungannya
2.1. Menunjukkan perilaku bijaksana dan
bertanggung jawab, peduli, santun dan percaya diri
sebagaimana ditunjukkan oleh tokoh-tokoh pada masa penjajahan
dan gerakan kebangsaan dalam
menumbuhkan rasa kebangsaan
2.2. Menunjukkan perilaku jujur, sopan, estetika
dan memiliki motivasi internal ketika berhubungan dengan lembaga sosial,
budaya, ekonomi dan politik
2.3. Menunjukkan perilaku peduli, gotong royong,
tanggung jawab dalam
berpartisipasi penanggulangan permasalahan lingkungan
hidup
|
||
3.5. Memahami manusia Indonesia dalam bentuk-bentuk
dan sifat dinamika interaksidengan lingkungan alam, sosial, budaya,dan
ekonomi
|
||
|
|
3.5.1.
Menunjukkan
sifat dan karakteristik manusia Indonesia berdasarkan bentuk dan sifat dinamika
interaksinya dengan lingkungan ekonominya
|
4.3. Menyajikan pemahaman tentang manusia dalam
hubungannya dengan kondisi geografis di wilayah Indonesia
|
||
|
|
4.3.1.
Menyusun
sebuah laporan tertulis tentang aktivitas manusia yang menunjukkan
adanya keterikatan
dengan kondisi geografis dilingkungannya
|
PPKn
1.1. Menghargai semangat kebhinneka-tunggalikaan dan keragaman agama,
suku bangsa pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, upacara
adat, sosial, dan ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat
1.2. Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan
Yang Maha Esa dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa
2.1. Menunjukkan perilaku, disiplin, tanggung jawab, percaya diri,
berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf yang dijiwai
keteladanan pahlawan kemerdekaan RI dalam semangat perjuangan, cinta tanah
air, dan rela berkorban sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila
2.2. Menunjukkan perilaku sesuai hak dan kewajiban dalam bidang
sosial, ekonomi, budaya, hukum sebagai warganegara dalam kehidupan
sehari-hari sesuai Pancasila dan UUD 1945
2.3. Menunjukkan penghargaan terhadap proses pengambilan keputusan
atas dasar musyawarah mufakat
2.4. Menunjukkan perilaku cinta tanah air Indonesia dalam kehidupan
di rumah, sekolah, dan masyarakat
|
||
3.1. memahami nilai simbol-simbol pancasila dalam kehidupan sehari-hari
di rumah dan di sekolah
|
||
|
||
|
|
3.1.2.
Memberikan contoh perilaku di
sekolah yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila ke-lima
Pancasila dalam lambang Garuda Pancasila
|
4.1. Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah, sekolah
dan masyarakat yang mencerminkan pengamalan nilai-nilai kelima sila Pancasila
dalam kehidupan sehari-hari
|
||
|
|
4.1.1.
Menceritakan perilaku di
sekolah sesuai nilai-nilai dari sila ke-empat Pancasila dalam lambang negara
|
Matematika
1.1. Menerima, menjalankan, dan menghargai
ajaranagaman yang dianutnya
2.1. Menunjukkan sikap kritis, cermat dan
teliti, jujur,tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu, tidak
mudah menyerah serta bertanggung jawab dalam
mengerjakan tugas
2.2. Menunjukkan sikap berpikir logis,
kritis, dan kreatif
2.3. Memiliki rasa ingin tahu dan
ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui
pengalaman belajar
2.4. Memiliki sikap menghargai kegunaan
matematika dalam kehidupan
2.5. Memiliki sikap terbuka, objektif,
menghargai pendapat dan karya teman dalam diskusi kelompok
maupun aktivitas sehari-hari
|
||
3.1. Mengenal konsep perpangkatan dan
penarikan akar bilangan pangkat dua dan bilangan pangkat tiga sederhana
|
||
|
|
3.1.1.
Menentukan akar pangkat tiga pada bilangan kubik
3.1.2.
Melakukan operasi hitung yang
melibatkan bilangan berpangkat tiga
|
4.11.
Membentuk berbagai bangun
ruang yang volumenya sudah ditentukan
|
||
|
|
4.11.2. Mengolah informasi dari cerita konstektual yang melibatkan konsep bilangan berpangkat
tiga
|
C.
Tujuan Pembelajaran
1. Dengan
mencermati dan mengamati gambar peta, siswa mampu menunjukkan sifat dan
karakteristik manusia Indonesia berdasarkan bentukan dan sifat dinamika
interaksinya dengan lingkungan ekonominya dengan cermat
2. Dengan
mengamati kondisi wilayah pedesaan dan wilayah perkotaan disekitar, siswa mampu
menyusun laporan tertulis tentang aktivitas manusia yang menunjukkan adanya
keterikatan dengan kondisi geografis di lingkungannya dengan teliti
3. Dengan
berdiskusi dalam kelompok tentang kehidupan masyarakat, siswa mampu
menceritakan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai sila kelima Pancasila
dengan percaya diri
4. Dengan
berlatih mengerjakan soal, siswa mampu menentukan akar pangkat 3 pada bilangan
kubik dengan mandiri
5.
Dengan mengolah informasi dari
cerita kontekstual, siswa mampu memecahkan masalah yang melibatkan konsep
bilangan pangkat tiga dengan percaya diri.
D.
Materi Pembelajaran
1. Hubungan
karakteristik manusia Indonesia dengan lingkungan ekonominya
2. Menggali
nilai-nilai sila ke-lima Pancasila
3. Akar
pangkat tiga
E.
Metoda Pembelajaran
1. Metode
|
:
|
Ceramah, diskusi kelas, dan penemuan
|
2. Pendekatan
|
:
|
Saintifik(mengamati,
menanya, mengumpulkan informasi, eksperimen, mengasosiasi/ mengolah
informasi, dan mengkomunikasikan)
|
F.
Media, Alat,
dan Sumber Pembelajaran
1. Media dan Alat
|
:
|
Buku , Gambar pedesaan dan perkotaan, Gambar Pancasila serta
makna simbolnya, konsep bilangan akar pangkat tiga
|
2. Sumber
|
:
|
Maryanto, dkk.2014.
Buku Siswa Kelas V SD Tema 5: Bangga Sebagai Bangsa Indonesia.
Jakarta:Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
|
|
:
|
Maryanto, dkk.2014.
Buku Guru Kelas V SD Tema 5: Bangga Sebagai Bangsa Indonesia.
Jakarta:Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
|
|
:
|
Kartika.2014.Buku
Pendamping Kelas V SD Tema 5: Bangga Sebagai Bangsa Indonesia. Surakarta:CV
Putra Nugraha
|
|
:
|
Internet
|
|
:
|
Teks bacaan tentang kehidupan berbangsa dan bernegara
|
G.
Langkah-langkah
Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Siswa
berdoa bersama dipimpin oleh salah satu siswa.
2.
Melakukan
absensi terhadap kehadiran siswa
3.
Guru menyapa
siswa dan menanyakan kabar mereka.
4.
Guru
melakukan appersepsi sebagai awal komunikasi guru sebelum melaksanakan
pembelajaran inti.
5.
Guru
memotivasi siswa agar semangat dalam mengikuti pembelajaran yang akan
dilaksanakan.
6.
Guru
menyampaikan tema dan subtema yang akan dipelajari.
|
15 menit
|
Kegiatan Inti
|
Mengamati
1. Mulai kegiatan dengan mengamati gambar secara cermat tentang
berbagai perbedaan kondisi masyarakat.
2. Guru mensosialisasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
pada tema ini.
3. Siswa memberikan pendapat tentang gambar yang mereka amati
4. Guru menstimulus rasa ingin tahu siswa dengan memberikan
pertanyaan-pertanyan pancingan seperti Apa yang kamu lihat dari gambar-gambar
tersebut? Dimanakah mereka tinggal? Apa yang mereka lakukan?
5. Siswa menuliskan hasil pengamatan nya pada kolom yang disediakan
dengan rinci
Mengumpulkan informasi
1. Mulai kegiatan dengan mencari berbagai gambar dari majalah,
surat kabar maupun media lainnya tentang kondisi wilayah dan mmengamati
gambar secara cermat tentang berbagai perbedaan kondisi masyarakat.
2. Siswa menganalisa gambar dan hasi pengamatan mereka
3. Siswa menjawab pertanyaan acuan yang telah diberikan dengan
rinci sesuai dengan pemahaman mereka
4. Siswa dapat mencari informasi tambahan dari surat kabar, majalah
amaupun internet untuk melengkapi jawaban mereka
Mengasosiasi
1. Siswa mengamati soal cerita yang ada dan menganalisa
permasalahan dalam soal tersebut
2. Siswa membaca tabel dan melengkapi tabel dengan menentukan
panjang sisi (dalam desimeter) dari setiap ukuran yang diinginkan
Mengolah Infromasi
1.
Siswa menghitung hasil nilai
dengan teliti
2.
Siswa mencatat hasil
penghitungan mereka dalam tabel dengan sistematis
3.
Siswa menganalisis soal-soal
yang diberikan
4. Siswa mengolah data dan melakukan penghitungan dari tiap soal
Mengkomunikasikan
1. Siswa mengkomunikasikan keterampilan mereka dalam mencari dan
menghitung volume kubus maupun mencari panjang sisinya
|
185 menit
|
Penutup
|
1.
Siswa
bersama guru membuat kesimpulan tentang pembelajaran yang telah dilakukan
2.
Siswa
bersama guru melakukan refleksi kegiatan belajar hari ini.
3.
Siswa
memimpin doa diakhir pembelajaran.
|
10 menit
|
H.
Penilaian Hasil Belajar
1. Teknik Penilaian :
a. Penilaian Sikap
|
:
|
Cermat, teliti , percaya diri
|
b. Penilaian pengetahuan
|
:
|
Tes Tertulis
|
c. Penilaian Keterampilan
|
:
|
Unjuk Kerja
|
2. Bentuk Instrumen Penilaian :
a. Penilaian Spiritual dan Sikap
No.
|
Nama Siswa
|
Skor Aspek
Penilaian
|
Total
|
Sikap
|
Total
|
||||||
Aspek I
|
Aspek II
|
Aspek III
|
Aspek IV
|
Aspek V
|
Sikap I
|
Sikap II
|
Sikap III
|
||||
1.
|
MUHAMMAD RONAL
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
MUHAMMAD ZIKRI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
AHLUL ZIKRI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
AZAN NOFIANTO
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
ARYA FRANSISCO FERNANDES
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
DWI NIKEN APRILIA
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
EGI CANDRA
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
MUHAMMAD ADHA
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
M. DAFA REVO MARTIN
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10.
|
MUHAMMAD FIRMAN
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11.
|
MIFTAHUL KHAIRI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12.
|
PRATAMA ARIF SETIAJI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13.
|
REFTI UJIBUDAQWAH
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14.
|
RINO SAPUTRA
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15.
|
SALMA SALSABILA
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16.
|
SUCI PERMATA SARI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17.
|
OLIVIA KEMALA PUTRI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18.
|
FAIS ALMAKIH
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
Aspek I
|
:
|
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan
sesuatu
|
Aspek II
|
:
|
Mengucapkan rasa syukur atas karunia
Tuhan
|
Aspek III
|
:
|
Memberikan salam sebelum/ sesudah
menyampaikan pendapat/ presentasi
|
Aspek IV
|
:
|
Mengungkapkan
kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran
Tuhan
|
Aspek V
|
:
|
Merasakan keberadaan dan kebesarana
Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan
|
Sikap I
|
:
|
Cermat
|
Sikap II
|
:
|
Teliti
|
Sikap III
|
:
|
Percaya
Diri
|
Skor:
1 = Tidak Pernah
2 = Kadang
3 = Sering
4 = Selalu
b. Penilaian Pengetahuan
Jawablah pertanyaan
berikut dengan benar!
|
1.
Aktivitas di samping menunjukkan kehidupan
di wilayah .....
2.
Populasi penduduk pada gambar disamping
termasuk ....
3.
Kebanyakan penduduk pada gambar disamping
berusaha dibidang .....
4.
Sebutkan beberapa nama kota disekitar tempat
tinggalmu yang kamu ketahui!
5.
Menurutmu apa penyebab sering terjadinya
kemacetan pada wilayah dalam gambar disamping?
|
|
6.
Aktivitas di samping menunjukkan kehidupan
di wilayah ....
7.
Populasi penduduk pada gambar disamping
termasuk ....
8.
Kebanyakan penduduk pada gambar disamping
berusaha dibidang ...
9.
Bagaimanakah suasana alam di daerah pada
gambar disamping?
10.
Apakah masyarakat pada gambar disamping suka
bergotong royong?
|
Kunci:
1.
Perkotaan
2.
Ramai/ Padat
3.
Jasa, perdagangan, industri dan perkantoran
4.
Payakumbuh, Bukittinggi, Batusangkar, Padang
Panjang, Pariaman, Painan, Padang, Pekanbaru, dll
5.
Karena kendaraan yang lebih banyak dari
ketersediaan sarana jalan
6.
Pedesaan
7.
Sedikit/ Renggang
8.
Pertanian, dan peternakan
9.
Asri dan sejuk
10.
Ya
Jawablah
pertanyaan berikut dengan benar!
1.
Masyarakat yang tinggal di tepi laut biasanya
memiliki mata pencaharian sebagai ...
2.
Masyarakat yang tinggal di pegunungan biasanya
memiliki mata pencaharian sebagai ....
3.
Tuliskan 3 contoh sikap kita yang sesuai
dengan pengamalan Pancasila sila ke-lima!
4.
Suka berkerja keras merupakan pengamalan
Pancasila , yaitu sila ke ....
5.
Menghormati hak orang lain merupakan
pengamalan Pancasila, yaitu sila ke ....
Kunci:
1.
Nelayan
2.
Petani
3.
Sesuai dengan butir-butir pengamalan
Pancasila, sila ke-lima
4.
Lima
5.
Lima
Jawablah pertanyaan berikut dengan benar!
1.
Hasil dari
adalah
......
2.
Hasil dari
adalah
......
3.
Hasil dari
adalah
......
4.
Hasil dari
adalah
......
5.
Sebuah bak berbentuk kubus. Jika isi bak
tersebut 729 dm3, maka panjang rusuk bak tersebut, adalah .....
6.
Doni membuat sebuah kubus. Jika volume kubus
tersebut 1.728 dm3, maka panjang rusuk kubus tersebut, adalah ....
7.
Sandi memiliki sebuah tangki minyak berbentuk
kubus dengan kapasitas 1.331 liter, tentukan panjang rusuk tangki tersebut!
8.
Sebuah tangki berbentuk kubus, jika tangki
tersebut diisi setengahnya, maka banyak minyak dalam tangki adalah 4.000 liter,
tentukan panjang rusuk tangki tersebut!
Kunci
1.
5
2.
6
3.
8
4.
7
5.
9 dm
6.
12 dm
7.
11 dm
8.
20 dm
9.
Penilaian Pengetahuan:
No
|
Nama
|
Lat 1
|
Lat 2
|
Lat 3
|
Jumlah
|
Rata-rata
|
1.
|
MUHAMMAD RONAL
|
|
|
|
|
|
2.
|
MUHAMMAD ZIKRI
|
|
|
|
|
|
3.
|
AHLUL ZIKRI
|
|
|
|
|
|
4.
|
AZAN NOFIANTO
|
|
|
|
|
|
5.
|
ARYA FRANSISCO FERNANDES
|
|
|
|
|
|
6.
|
DWI NIKEN APRILIA
|
|
|
|
|
|
7.
|
EGI CANDRA
|
|
|
|
|
|
8.
|
MUHAMMAD ADHA
|
|
|
|
|
|
9.
|
M. DAFA REVO MARTIN
|
|
|
|
|
|
10.
|
MUHAMMAD FIRMAN
|
|
|
|
|
|
11.
|
MIFTAHUL KHAIRI
|
|
|
|
|
|
12.
|
PRATAMA ARIF SETIAJI
|
|
|
|
|
|
13.
|
REFTI UJIBUDAQWAH
|
|
|
|
|
|
14.
|
RINO SAPUTRA
|
|
|
|
|
|
15.
|
SALMA SALSABILA
|
|
|
|
|
|
16.
|
SUCI PERMATA SARI
|
|
|
|
|
|
17.
|
OLIVIA KEMALA PUTRI
|
|
|
|
|
|
18.
|
FAIS ALMAKIH
|
|
|
|
|
|
c. Penilaian Keterampilan
1. Rubrik Essai
analisis gambar
Kompetensi
yang dinilai:
Ø
Pengetahuan siswa tentang topik
gambar (sifat dan karakteristik manusia Indonesia berdasarkan bentukan dan
sifat dinamika interaksinya dengan lingkungan ekonominya)
Ø
Keterampilan siswa dalam mengamati
gambar
Ø Sikap
kecermatan dan ketelitian dalam mengamati gambar
Rubrik Essai Analisis Gambar
No
|
Nama
|
Isi dan Pengetahuan
|
Penggunaan
Bahasa yang Baik dan Benar
|
Sikap
|
Jumlah skor
|
1.
|
MUHAMMAD RONAL
|
|
|
|
|
2.
|
MUHAMMAD ZIKRI
|
|
|
|
|
3.
|
AHLUL ZIKRI
|
|
|
|
|
4.
|
AZAN NOFIANTO
|
|
|
|
|
5.
|
ARYA FRANSISCO FERNANDES
|
|
|
|
|
6.
|
DWI NIKEN APRILIA
|
|
|
|
|
7.
|
EGI CANDRA
|
|
|
|
|
8.
|
MUHAMMAD ADHA
|
|
|
|
|
9.
|
M. DAFA REVO MARTIN
|
|
|
|
|
10.
|
MUHAMMAD FIRMAN
|
|
|
|
|
11.
|
MIFTAHUL KHAIRI
|
|
|
|
|
12.
|
PRATAMA ARIF SETIAJI
|
|
|
|
|
13.
|
REFTI UJIBUDAQWAH
|
|
|
|
|
14.
|
RINO SAPUTRA
|
|
|
|
|
15.
|
SALMA SALSABILA
|
|
|
|
|
16.
|
SUCI PERMATA SARI
|
|
|
|
|
17.
|
OLIVIA KEMALA PUTRI
|
|
|
|
|
18.
|
FAIS ALMAKIH
|
|
|
|
|
19.
|
|
|
|
|
|
Mengetahui ,
Kepala SDN 42 Payakumbuh Bodi
MITRA JONI, S.Pd
NIP.
19601023 198112 1 003
|
|
Payakumbuh, Juli 2014
Guru Kelas V
JUMRIDA
HUSNI
NIP.
19831209 200803 1 002
|
Komentar
Posting Komentar