Contoh Pengembangan CP menjadi Tujuan Pembelajaran Mapel Matematika Fase C
Tujuan Pembelajaran per-Fase C
No. |
Elemen |
Capaian Pembelajaran |
Tujuan Pembelajaran |
1. |
Bilangan |
Peserta didik dapat menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan
(number sense) pada bilangan cacah sampai 1.000.000. Mereka dapat membaca, menulis,
menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, melakukan komposisi dan
dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan uang. Mereka dapat melakukan
operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan cacah sampai
100.000. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan KPK
dan FPB. Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan berbagai pecahan
termasuk pecahan campuran, melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan,
serta melakukan operasi perkalian dan pembagian pecahan dengan bilangan asli.
Mereka dapat mengubah pecahan menjadi desimal, serta membandingkan dan
mengurutkan bilangan desimal (satu angka di belakang koma) |
5.1 Peserta didik dapat menunjukkan pemahaman dan intuisi
bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 1.000.000. |
5.2 Peserta didik dapat membaca bilangan cacah sampai 1.000.000 |
|||
5.3 Peserta didik dapat menulis nilai tempat bilangan cacah
sampai 1.000.000 |
|||
5.4 Peserta didik dapat menentukan nilai tempat bilangan cacah
sampai 1.000.000 |
|||
5.5 Peserta didik dapat membandingkan bilangan cacah sampai
1.000.000. |
|||
5.6 Peserta didik dapat mengurutkan, bilangan cacah sampai
1.000.000. |
|||
5.7 Peserta didik dapat melakukan komposisi bilangan cacah sampai
1.000.000 |
|||
5.8 Peserta didik dapat melakukan dekomposisi bilangan cacah
sampai 1.000.000 |
|||
5.9 Peserta didik menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
uang. |
|||
5.10 Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan bilangan
cacah sampai 100.000. |
|||
5.11 Peserta didik dapat melakukan operasi pengurangan bilangan
cacah sampai 100.000. |
|||
5.12 Peserta didik dapat melakukan operasi perkalian bilangan
cacah sampai 100.000. |
|||
5.13 Peserta didik dapat melakukan operasi pembagian bilangan
cacah sampai 100.000. |
|||
6.1 Peserta didik dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan KPK |
|||
6.2 Peserta didik dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan FPB. |
|||
6.3 Peserta didik dapat membandingkan berbagai pecahan termasuk
pecahan campuran. |
|||
6.4 Peserta didik dapat mengurutkan berbagai pecahan termasuk
pecahan campuran. |
|||
6.5 Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan pecahan |
|||
6.6 Peserta didik dapat melakukan operasi pengurangan pecahan |
|||
6.7 Peserta didik dapat melakukan operasi perkalian pecahan
dengan bilangan asli. |
|||
6.8 Peserta didik dapat melakukan operasi pembagian pecahan
dengan bilangan asli. |
|||
6.9 Peserta didik dapat memecahkan masalah yang berkaitan dengan perkalian
pecahan |
|||
6.10 Peserta didik dapat memecahkan masalah yang berkaitan dengan
pembagian pecahan |
|||
6.11 Peserta didik dapat mengubah pecahan menjadi desimal (satu
angka di belakang koma) |
|||
|
6.12 Peserta didik dapat membandingkan bilangan desimal (satu
angka di belakang koma) |
||
|
6.13 Peserta didik dapat mengurutkan bilangan desimal (satu angka
di belakang koma) |
||
2. |
Aljabar |
Peserta didik dapat mengisi nilai yang belum diketahui dalam
sebuah kalimat matematika yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan,
perkalian, dan pembagian pada bilangan cacah sampai 1000 .Peserta didik dapat
mengidentifikasi, meniru, dan mengembangkan pola bilangan membesar dan
mengecil yang melibatkan perkalian dan pembagian. Mereka dapat bernalar
secara proporsional untuk menyelesaikan masalah sehari-hari dengan rasio
satuan. Mereka dapat menggunakan operasi perkalian dan pembagian dalam menyelesaikan
masalah sehari-hari yang terkait dengan proporsi. |
5.14 Peserta didik dapat mengisi nilai yang belum diketahui dalam
sebuah kalimat matematika yang berkaitan dengan penjumlahan pada bilangan
cacah sampai 1000 (contoh : 10 x … = 900, dan 900 : … = 10). 5.15 Peserta didik dapat mengisi nilai yang belum diketahui dalam
sebuah kalimat matematika yang berkaitan dengan pengurangan pada bilangan
cacah sampai 1000 (contoh : 10 x … = 900, dan 900 : … = 10). |
5.16 Peserta didik dapat mengisi nilai yang belum diketahui dalam
sebuah kalimat matematika yang berkaitan dengan perkalian pada bilangan cacah
sampai 1000 (contoh : 10 x … = 900, dan 900 : … = 10). |
|||
5.17 Peserta didik dapat mengisi nilai yang belum diketahui dalam
sebuah kalimat matematika yang berkaitan dengan pembagian pada bilangan cacah
sampai 1000 (contoh : 10 x … = 900, dan 900 : … = 10). |
|||
6.14 Peserta didik dapat mengidentifikasi, meniru, dan
mengembangkan pola bilangan membesar yang melibatkan perkalian. |
|||
6.15 Peserta didik dapat mengidentifikasi, meniru, dan
mengembangkan pola bilangan membesar yang melibatkan pembagian. |
|||
6.16 Peserta didik dapat mengidentifikasi, meniru, dan
mengembangkan pola bilangan mengecil yang melibatkan perkalian. |
|||
6.17 Peserta didik dapat mengidentifikasi, meniru, dan
mengembangkan pola bilangan mengecil yang melibatkan pembagian. |
|||
6.18 Peserta didik dapat bernalar secara proporsional untuk
menyelesaikan masalah sehari-hari dengan rasio satuan. |
|||
5.18 Peserta didik dapat menggunakan operasi perkalian dalam
menyelesaikan masalah sehari-hari yang terkait dengan proporsi. |
|||
|
5.19 Peserta didik dapat menggunakan operasi pembagian dalam
menyelesaikan masalah sehari-hari yang terkait dengan proporsi. |
||
3. |
Pengukuran |
Peserta didik dapat menentukan keliling dan luas berbagai bentuk
bangun datar (segitiga, segiempat, dan segibanyak) serta gabungannya. Mereka dapat
menghitung durasi waktu dan mengukur besar sudut. |
5.20 Peserta didik dapat menentukan keliling berbagai bentuk
bangun datar (segitiga, segiempat, dan segibanyak) serta gabungannya |
5.21. Peserta didik dapat menentukan luas berbagai bentuk bangun
datar (segitiga, segiempat, dan segibanyak) serta gabungannya. |
|||
6.19 Peserta didik dapat menghitung durasi waktu. |
|||
6.20 Peserta didik dapat mengukur besar sudut |
|||
4. |
Geometri |
Peserta didik dapat mengonstruksi dan mengurai bangun ruang
(kubus, balok, dan gabungannya) dan mengenali visualisasi spasial (bagian depan,
atas, dan samping). Mereka dapat membandingkan
karakteristik antar bangun datar dan antar bangun ruang. Mereka dapat
menentukan lokasi pada peta yang menggunakan sistem berpetak. |
5.22 Peserta didik dapat mengonstruksi bangun ruang (kubus,
balok, dan gabungannya). |
5.23 Peserta didik dapat mengurai bangun ruang (kubus, balok, dan
gabungannya). |
|||
5.24 Peserta didik dapat mengenali visualisasi spasial (bagian depan,
atas, dan samping). |
|||
6.21 Peserta didik dapat
membandingkan karakteristik antar bangun datar. |
|||
6.22 Peserta didik dapat
membandingkan karakteristik antar bangun ruang. |
|||
6.23 Peserta didik dapat menentukan lokasi pada peta yang
menggunakan sistem berpetak. |
|||
5. |
Analisis Data dan Peluang |
Peserta didik dapat mengurutkan, membandingkan, menyajikan, dan
menganalisis data banyak benda dan data hasil pengukuran dalam bentuk gambar,
piktogram, diagram batang, dan tabel frekuensi untuk mendapatkan informasi. Mereka dapat menentukan kejadian dengan kemungkinan yang
lebih besar dalam suatu percobaan acak. |
5.25 Peserta didik dapat mengurutkan data banyak benda dalam
bentuk gambar, piktogram, diagram batang, dan tabel frekuensi untuk
mendapatkan informasi. |
5.26 Peserta didik dapat mengurutkan data hasil pengukuran dalam
bentuk gambar, piktogram, diagram batang, dan tabel frekuensi untuk
mendapatkan informasi. |
|||
5.27 Peserta didik dapat membandingkan data banyak benda dalam
bentuk gambar, piktogram, diagram batang, dan tabel frekuensi untuk
mendapatkan informasi. |
|||
5.28 Peserta didik dapat membandingkan data hasil pengukuran
dalam bentuk gambar, piktogram, diagram batang, dan tabel frekuensi untuk
mendapatkan informasi. |
|||
6. 24 Peserta didik dapat menyajikan data banyak benda dalam
bentuk gambar, piktogram, diagram batang, dan tabel frekuensi untuk
mendapatkan informasi. |
|||
6.25 Peserta didik dapat menyajikan data hasil pengukuran dalam
bentuk gambar, piktogram, diagram batang, dan tabel frekuensi untuk
mendapatkan informasi. |
|||
6.26 Peserta didik dapat menganalisis data banyak benda dalam bentuk
gambar, piktogram, diagram batang, dan tabel frekuensi untuk mendapatkan informasi. |
|||
6.27 Peserta didik dapat menganalisis data hasil pengukuran dalam
bentuk gambar, piktogram, diagram batang, dan tabel frekuensi untuk
mendapatkan informasi. |
|||
6.28 Peserta didik dapat
menentukan kejadian dengan kemungkinan yang lebih besar dalam suatu
percobaan acak. |
|||
|
Komentar
Posting Komentar